Taekwondo
Pembelajaran yang dilakukan pada ekstrakurikuler ini antara lain kihon dimana latihan ini meliputi latihan pukulan, tendangan, dan blokade dasar.
TK Islam Pembangunan merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta yang berkomitmen untuk memberikan layanan pembelajaran terbaik bagi anak usia dini. Dalam rangka mendukung perkembangan anak secara optimal, berbagai kegiatan diselenggarakan dengan mengintegrasikan karakter.
Sebagai bentuk komitmen dalam pembentukan karaktek, TK Islam Pembangunan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Sentra atau dikenal dengan Metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) adalah metode pembelajaran yang menggunakan kegiatan bermain sebagai pendekatan utama, khususnya dalam bentuk sentra (pusat kegiatan) untuk melatih perkembangan anak usia dini. Pendekatan ini berpusat pada anak dan menekankan peran guru sebagai fasilitator, kordinator, dan evaluator.
Selain kegiatan Sentra sebagai kegiatan inti, TK Islam Pembangunan juga memiliki berbagai kegiatan rutin maupun incidental yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna, meningkatkan kreatifitas, dan membangun karakter anak. Kegiatan - kegiatan tersebut seperti berenang, HUT RI, manasik haji, Porseni, home visit, market day, proyek profil pelajar Pancasila, Pentas Seni, Pelepasan, Ramadhan Ceria, Parade tahfizh serta Prasiaga.
Struktur kurikulum Taman Kanak-kanak Madrasah Pembangunan memuat Lingkup Pengembangan, Muatan Lokal dan Pengembangan Diri, dengan rincian sebagai berikut:
| No | Bulan | Tema/Topik | Alokasi Waktu |
|---|---|---|---|
| 1 | Juli | Diriku (Identitas) | 1 Minggu |
| 2 | Agustus | Tanah Air-ku (Indonesiaku, Kebhinekaan), Pembelajaran proyek:Aku Cinta Indonesia | 3 Minggu |
| 3 | September | Lingkunganku (Pakaian Adat, PHBS, Rumahku, Sekolahku) | 4 Minggu |
| 4 | Oktober | Binatang (Kebun Binatang, Binatang Air, Binatang Darat, Aku Sayang Binatang); Kebutuhanku (Makan dan Minum) | 5 Minggu |
| 5 | November | Kebutuhanku (Pakaian); Mitigasi Bencana (Air, Api, Udara) | 4 Minggu |
| 6 | Desember | Mitigasi Bencana (Bumi) | 1 Minggu |
| No | Bulan | Tema/Topik | Alokasi Waktu |
|---|---|---|---|
| 1 | Januari | Rekreasi (Tempat Rekreasi); Rekreasi (Perlengkapan Rekreasi) | 4 Minggu |
| 2 | Februari | Alam Semesta (Bulan dan Bintang) | 3 Minggu |
| 3 | Maret | Amaliyah Ramadhan | 2 Minggu |
| 4 | April | Hari Raya Idul Fitri; Alat Transportasi (Transportasi Laut) | 4 Minggu |
| 5 | Mei | Alat Transportasi (Transportasi Udara); Pekerjaan (Jenis Pekerjaan, Perlengkapan Kerja) | 4 Minggu |
| 6 | Juni | Pekerjaan (Petani Buah Cilik) | 1 Minggu |
| No | Kelompok | Tema |
|---|---|---|
| 1 | TK A |
|
| 2 | TK B |
|
| No | Mata Pelajaran | Jumlah Jam/Minggu |
|---|---|---|
| 1 | Sentra Bahan Alam | 24/24 |
| 2 | Sentra Balok | 24/24 |
| 3 | Sentra Olah Tubuh | 24/24 |
| 4 | Sentra Memasak | 24/24 |
| 5 | Sentra Seni dan Kreatifitas | 24/24 |
| 6 | Sentra Persiapan | 24/24 |
| 7 | Sentra Main Peran | 24/24 |
Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar Per-hari:
| Kelompok | A |
|---|---|
| Pertemuan Pagi | 07.30 - 08.00 |
| Habitual Curriculum (HC) | 08.00 - 09.00 |
| Kegiatan Inti dan Komputer | 09.00 - 10.00 |
| Istirahat | 10.00 - 10.30 |
| Makan Siang | 10.30 - 11.00 |
| Pertemuan Siang | 11.00 - 12.00 |
| Kelompok | B |
|---|---|
| Pertemuan Pagi | 07.30 - 08.00 |
| Habitual Curriculum (HC) | 08.00 - 09.00 |
| Kegiatan Inti dan Komputer | 09.00 - 10.00 |
| Istirahat | 10.00 - 10.30 |
| Makan Siang | 10.30 - 11.00 |
| Pertemuan Siang | 11.00 - 12.00 |
Waktu dan Jenis Kegiatan dalam Satu Hari:
| Kelompok | A |
|---|---|
| Pertemuan Pagi | 30 menit |
| Habitual Curriculum (HC) | 60 menit |
| Kegiatan Inti dan Komputer | 60 menit |
| Istirahat | 30 menit |
| Makan Siang | 30 menit |
| Pertemuan Siang | 60 menit |
| Jumlah | 270 menit |
| Kelompok | B |
|---|---|
| Pertemuan Pagi | 30 menit |
| Habitual Curriculum (HC) | 60 menit |
| Kegiatan Inti dan Komputer | 60 menit |
| Istirahat | 30 menit |
| Makan Siang | 30 menit |
| Pertemuan Siang | 60 menit |
| Jumlah | 270 menit |
| OLAH TUBUH | COOKING | ART N CRAFT | PERSIAPAN | MAIN PERAN | BAHAN ALAM | BALOK | |
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| SENIN | 29 Sept 25 - TK B : foto manasik haji | ||||||
| SENIN | TK A1 digital for kids | ||||||
| SELASA | TK A2 digital for kids | ||||||
| RABU | 08.00 : 09.00 = PRA SIAGA | ||||||
| RABU | 09.00 : 10.00 = TILAWATI | ||||||
| KAMIS | TK A3 digital for kids | ||||||
| JUM'AT | RENANG, TK B4 digital for kids | ||||||
| JUM'AT | TILAWATI | ||||||
| OLAH TUBUH | COOKING | ART N CRAFT | PERSIAPAN | MAIN PERAN | BAHAN ALAM | BALOK | |
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| SENIN | TK B2 digital for kids | ||||||
| SELASA | TK B3 digital for kids | ||||||
| RABU | 08.00 : 09.00 = PRA SIAGA | ||||||
| RABU | 09.00 : 10.00 = TILAWATI | ||||||
| KAMIS | TK B1 digital for kids | ||||||
| JUM'AT | RENANG | ||||||
| JUM'AT | TILAWATI | ||||||
| OLAH TUBUH | COOKING | ART N CRAFT | PERSIAPAN | MAIN PERAN | BAHAN ALAM | BALOK | |
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| SENIN | MANASIK HAJI TK B, 13 Oktober 2025 | ||||||
| SELASA | A1 | A2 | A3 | B3 | B4 | B1 | B2 |
| RABU | 08.00 : 09.00 = PRA SIAGA | ||||||
| RABU | 09.00 : 10.00 = TILAWATI | ||||||
| KAMIS | A2 | A3 | B3 | B4 | B1 | B2 | A1 |
| JUM'AT | RENANG | ||||||
| JUM'AT | TILAWATI | ||||||
| OLAH TUBUH | COOKING | ART N CRAFT | PERSIAPAN | MAIN PERAN | BAHAN ALAM | BALOK | |
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| SENIN | A3 | B3 | B4 | B1 | B2 | A1 | A2 |
| SELASA | B3 | B4 | B1 | B2 | A1 | A2 | A3 |
| RABU | 08.00 : 09.00 = PRA SIAGA | ||||||
| RABU | 09.00 : 10.00 = TILAWATI | ||||||
| KAMIS | B4 | B1 | B2 | A1 | A2 | A3 | B3 |
| JUM'AT | RENANG | ||||||
| JUM'AT | TILAWATI | ||||||
| OLAH TUBUH | COOKING | ART N CRAFT | PERSIAPAN | MAIN PERAN | BAHAN ALAM | BALOK | |
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| SENIN | B1 | B2 | A1 | A2 | A3 | B3 | B4 |
| SELASA | B2 | A1 | A2 | A3 | B3 | B4 | B1 |
| RABU | 08.00 : 09.00 = PRA SIAGA | ||||||
| RABU | 09.00 : 10.00 = TILAWATI | ||||||
| KAMIS | SPARK ENGLISH TK B | ||||||
| JUM'AT | SPARK ENGLISH TK A | ||||||
| No | Nama Guru | Mata Pelajaran |
|---|---|---|
| 1 | Euis Putri Ulandari, S.Pd. | Kepala TK Islam Pembangunan |
| 2 | Fathul Khairunnisa, M.Pd. | Wakil Kepala TK Islam Pembangunan |
| 3 | Nova Puji Astuti, S.Pd. | Sentra Main Peran |
| 4 | Nur Sri Hayati, S.Pd.I. | Sentra Persiapan |
| 5 | Giovanni Alifya Rahmanda, S.Pd. | Sentra Persiapan |
| 6 | Marisa Prihatin, S,Pd. | Sentra Balok |
| 7 | Nadyantri Rahmadhani, S.Pd. | Sentra Balok |
| 8 | Melani, S.Pd. AUD. | Sentra Bahan Alam |
| 9 | Fita Nurrahmah, S.Pd. | Sentra Bahan Alam |
| 10 | Aan Hanipah, S.Pd. | Sentra Seni dan Kreatifitas |
| 11 | Tria Milla Sopha, S.Pd. | Sentra Seni dan Kreatifitas |
| 12 | Neni Nasriyah, S.Pd.I. | Sentra Olah Tubuh |
| 13 | Syarifah Luthfiyah, S.Pd. | Sentra Olah Tubuh |
| 14 | Hilma Amalia, S.Pd.I | Sentra Memasak |
| 15 | Hasanah, S.Pd. | Sentra Memasak |
| 16 | Arnes Meilenda, M.Psi. | Guru BK |
| No | Media Pembelajaran |
|---|---|
| 1 | Modul Ajar |
| 2 | Buku Sentra |
| 3 | e-modul |
| 4 | Platform Digital |
| 5 | Video |
| 6 | e-library |
Berikut adalah beberapa fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar:
Capaian Pembelajaran Fase Fondasi yaitu:
Standar kompetensi, meliputi: aspek moral dan agama, emosional, sosial, fisik motorik, bahasa, dan kognitif.
Asesmen yang digunakan di TK Islam Pembangunan terdiri dari asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen formatif dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau dan memperbaiki pembelajaran, sedangkan asesmen sumatif dilakukan di akhir periode pembelajaran untuk menilai capaian pembelajaran anak.
Asesmen juga menggunakan berbagai teknik seperti:
Pembelajaran yang dilakukan pada ekstrakurikuler ini antara lain kihon dimana latihan ini meliputi latihan pukulan, tendangan, dan blokade dasar.
Lorem ipsum, dolor sit amet consectetur adipisicing elit.