Kurikulum

Kurikulum

TK Islam Pembangunan merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta yang berkomitmen untuk memberikan layanan pembelajaran terbaik bagi anak usia dini. Dalam rangka mendukung perkembangan anak secara optimal, berbagai kegiatan diselenggarakan dengan mengintegrasikan karakter.

Sebagai bentuk komitmen dalam pembentukan karaktek, TK Islam Pembangunan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Sentra atau dikenal dengan Metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) adalah metode pembelajaran yang menggunakan kegiatan bermain sebagai pendekatan utama, khususnya dalam bentuk sentra (pusat kegiatan) untuk melatih perkembangan anak usia dini. Pendekatan ini berpusat pada anak dan menekankan peran guru sebagai fasilitator, kordinator, dan evaluator.

Selain kegiatan Sentra sebagai kegiatan inti, TK Islam Pembangunan juga memiliki berbagai kegiatan rutin maupun incidental yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna, meningkatkan kreatifitas, dan membangun karakter anak. Kegiatan - kegiatan tersebut seperti berenang, HUT RI, manasik haji, Porseni, home visit, market day, proyek profil pelajar Pancasila, Pentas Seni, Pelepasan, Ramadhan Ceria, Parade tahfizh serta Prasiaga.

1. STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum Taman Kanak-kanak Madrasah Pembangunan memuat Lingkup Pengembangan, Muatan Lokal dan Pengembangan Diri, dengan rincian sebagai berikut:

PROGRAM SATU TAHUN

TEMA PEMBELAJARAN

TAHUN PELAJARAN 2025/2026

TEMA PEMBELAJARAN UNTUK TK A DAN TK B

TEMA SEMESTER I

No Bulan Tema/Topik Alokasi Waktu
1 Juli Diriku (Identitas) 1 Minggu
2 Agustus Tanah Air-ku (Indonesiaku, Kebhinekaan), Pembelajaran proyek:Aku Cinta Indonesia 3 Minggu
3 September Lingkunganku (Pakaian Adat, PHBS, Rumahku, Sekolahku) 4 Minggu
4 Oktober Binatang (Kebun Binatang, Binatang Air, Binatang Darat, Aku Sayang Binatang); Kebutuhanku (Makan dan Minum) 5 Minggu
5 November Kebutuhanku (Pakaian); Mitigasi Bencana (Air, Api, Udara) 4 Minggu
6 Desember Mitigasi Bencana (Bumi) 1 Minggu

TEMA SEMESTER II

No Bulan Tema/Topik Alokasi Waktu
1 Januari Rekreasi (Tempat Rekreasi); Rekreasi (Perlengkapan Rekreasi) 4 Minggu
2 Februari Alam Semesta (Bulan dan Bintang) 3 Minggu
3 Maret Amaliyah Ramadhan 2 Minggu
4 April Hari Raya Idul Fitri; Alat Transportasi (Transportasi Laut) 4 Minggu
5 Mei Alat Transportasi (Transportasi Udara); Pekerjaan (Jenis Pekerjaan, Perlengkapan Kerja) 4 Minggu
6 Juni Pekerjaan (Petani Buah Cilik) 1 Minggu

TEMA PEMBELAJARAN KOMPUTER

No Kelompok Tema
1 TK A
  • - Mengenal bagian-bagian dari komputer (mouse dan keyboard);
  • - Kreatifitas;
  • - Mengurutkan angka, huruf, dan bentuk sambil mewarnai;
  • - Mengenal konsep kecil dan besar suatu gambar benda dan nama-nama benda dalam Bahasa Inggris;
  • - Kesesuaian;
  • - Mengenal abjad dan menghitung benda dalam Bahasa Inggris;
  • - Mengenal bilangan 1–10;
  • - Mencari perbedaan warna dan bentuk gambar;
  • - Mengenal bentuk dan warna;
  • - Mengenal nama-nama benda (buah, benda di sekitarnya dan binatang) melalui tampilan.
2 TK B
  • - Mengenal bagian-bagian dari komputer (mouse dan keyboard);
  • - Menyusun puzzle dan menggambar;
  • - Mengurutkan abjad sambil bermain melalui tampilan di komputer;
  • - Menyusun bentuk-bentuk bangunan dasar yang tersedia dalam program menjadi gambar yang bermakna;
  • - Mengenal angka, huruf, dan bentuk melalui tampilan di komputer;
  • - Mengenal nama-nama bagian tubuh dan dapat merawatnya secara benar melalui tampilan di komputer;
  • - Kreatifitas membuat label nama;
  • - Menghitung, mengeja dengan menggunakan Bahasa Inggris;
  • - Mengenal macam-macam profesi;
  • - Mengingat dan mengurutkan gambar melalui gambar/komputer.
No Mata Pelajaran Jumlah Jam/Minggu
1 Sentra Bahan Alam 24/24
2 Sentra Balok 24/24
3 Sentra Olah Tubuh 24/24
4 Sentra Memasak 24/24
5 Sentra Seni dan Kreatifitas 24/24
6 Sentra Persiapan 24/24
7 Sentra Main Peran 24/24

Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar Per-hari:

Kelompok A
Pertemuan Pagi 07.30 - 08.00
Habitual Curriculum (HC) 08.00 - 09.00
Kegiatan Inti dan Komputer 09.00 - 10.00
Istirahat 10.00 - 10.30
Makan Siang 10.30 - 11.00
Pertemuan Siang 11.00 - 12.00
Kelompok B
Pertemuan Pagi 07.30 - 08.00
Habitual Curriculum (HC) 08.00 - 09.00
Kegiatan Inti dan Komputer 09.00 - 10.00
Istirahat 10.00 - 10.30
Makan Siang 10.30 - 11.00
Pertemuan Siang 11.00 - 12.00

Waktu dan Jenis Kegiatan dalam Satu Hari:

Kelompok A
Pertemuan Pagi 30 menit
Habitual Curriculum (HC) 60 menit
Kegiatan Inti dan Komputer 60 menit
Istirahat 30 menit
Makan Siang 30 menit
Pertemuan Siang 60 menit
Jumlah 270 menit
Kelompok B
Pertemuan Pagi 30 menit
Habitual Curriculum (HC) 60 menit
Kegiatan Inti dan Komputer 60 menit
Istirahat 30 menit
Makan Siang 30 menit
Pertemuan Siang 60 menit
Jumlah 270 menit

JADWAL PERPUTARAN SENTRA

TK Islam Pembangunan

TAHUN PELAJARAN 2025/2026

MINGGU I

OLAH TUBUH COOKING ART N CRAFT PERSIAPAN MAIN PERAN BAHAN ALAM BALOK
SENIN 29 Sept 25 - TK B : foto manasik haji
SENIN TK A1 digital for kids
SELASA TK A2 digital for kids
RABU 08.00 : 09.00 = PRA SIAGA
RABU 09.00 : 10.00 = TILAWATI
KAMIS TK A3 digital for kids
JUM'AT RENANG, TK B4 digital for kids
JUM'AT TILAWATI

MINGGU II

OLAH TUBUH COOKING ART N CRAFT PERSIAPAN MAIN PERAN BAHAN ALAM BALOK
SENIN TK B2 digital for kids
SELASA TK B3 digital for kids
RABU 08.00 : 09.00 = PRA SIAGA
RABU 09.00 : 10.00 = TILAWATI
KAMIS TK B1 digital for kids
JUM'AT RENANG
JUM'AT TILAWATI

MINGGU III

OLAH TUBUH COOKING ART N CRAFT PERSIAPAN MAIN PERAN BAHAN ALAM BALOK
SENIN MANASIK HAJI TK B, 13 Oktober 2025
SELASA A1 A2 A3 B3 B4 B1 B2
RABU 08.00 : 09.00 = PRA SIAGA
RABU 09.00 : 10.00 = TILAWATI
KAMIS A2 A3 B3 B4 B1 B2 A1
JUM'AT RENANG
JUM'AT TILAWATI

MINGGU IV

OLAH TUBUH COOKING ART N CRAFT PERSIAPAN MAIN PERAN BAHAN ALAM BALOK
SENIN A3 B3 B4 B1 B2 A1 A2
SELASA B3 B4 B1 B2 A1 A2 A3
RABU 08.00 : 09.00 = PRA SIAGA
RABU 09.00 : 10.00 = TILAWATI
KAMIS B4 B1 B2 A1 A2 A3 B3
JUM'AT RENANG
JUM'AT TILAWATI

MINGGU V

OLAH TUBUH COOKING ART N CRAFT PERSIAPAN MAIN PERAN BAHAN ALAM BALOK
SENIN B1 B2 A1 A2 A3 B3 B4
SELASA B2 A1 A2 A3 B3 B4 B1
RABU 08.00 : 09.00 = PRA SIAGA
RABU 09.00 : 10.00 = TILAWATI
KAMIS SPARK ENGLISH TK B
JUM'AT SPARK ENGLISH TK A
Note : sentra dimulai pada hari selasa, 14 oktober 2025

2. Daftar Guru Pengampu

No Nama Guru Mata Pelajaran
1 Euis Putri Ulandari, S.Pd. Kepala TK Islam Pembangunan
2 Fathul Khairunnisa, M.Pd. Wakil Kepala TK Islam Pembangunan
3 Nova Puji Astuti, S.Pd. Sentra Main Peran
4 Nur Sri Hayati, S.Pd.I. Sentra Persiapan
5 Giovanni Alifya Rahmanda, S.Pd. Sentra Persiapan
6 Marisa Prihatin, S,Pd. Sentra Balok
7 Nadyantri Rahmadhani, S.Pd. Sentra Balok
8 Melani, S.Pd. AUD. Sentra Bahan Alam
9 Fita Nurrahmah, S.Pd. Sentra Bahan Alam
10 Aan Hanipah, S.Pd. Sentra Seni dan Kreatifitas
11 Tria Milla Sopha, S.Pd. Sentra Seni dan Kreatifitas
12 Neni Nasriyah, S.Pd.I. Sentra Olah Tubuh
13 Syarifah Luthfiyah, S.Pd. Sentra Olah Tubuh
14 Hilma Amalia, S.Pd.I Sentra Memasak
15 Hasanah, S.Pd. Sentra Memasak
16 Arnes Meilenda, M.Psi. Guru BK

3. Sumber dan Media Pembelajaran

No Media Pembelajaran
1 Modul Ajar
2 Buku Sentra
3 e-modul
4 Platform Digital
5 Video
6 e-library

4. Sarana dan Prasarana Pendukung

Berikut adalah beberapa fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar:

Capaian pembelajaran dan evaluasi

Capaian Pembelajaran Fase Fondasi yaitu:

  • 1. Elemen nilai agama dan budi pekerti;
  • 2. Elemen jati diri;
  • 3. Elemen dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, dan seni.

Standar kompetensi, meliputi: aspek moral dan agama, emosional, sosial, fisik motorik, bahasa, dan kognitif.

Sistem Penilaian

  • 1. Penilaian harian (sentra);
  • 2. Catatan anekdot;
  • 3. Laporan perkembangan peserta didik tiap bulan;
  • 4. Laporan perkembangan peserta didik tiap semester;
  • 5. Penghargaan Student of the Month (penilaian karakter).

Jenis Asesmen

Asesmen yang digunakan di TK Islam Pembangunan terdiri dari asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen formatif dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau dan memperbaiki pembelajaran, sedangkan asesmen sumatif dilakukan di akhir periode pembelajaran untuk menilai capaian pembelajaran anak.

Asesmen juga menggunakan berbagai teknik seperti:

  • Catatan anekdot;
  • Ceklis;
  • Hasil karya;
  • Foto berseri.