Taekwondo
Pembelajaran yang dilakukan pada ekstrakurikuler ini antara lain kihon dimana latihan ini meliputi latihan pukulan, tendangan, dan blokade dasar.
TK Islam Pembangunan merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta yang berkomitmen untuk memberikan layanan pembelajaran terbaik bagi anak usia dini. Dalam rangka mendukung perkembangan anak secara optimal, berbagai kegiatan diselenggarakan dengan mengintegrasikan karakter.
Sebagai bentuk komitmen dalam pembentukan karaktek, TK Islam Pembangunan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Sentra atau dikenal dengan Metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) adalah metode pembelajaran yang menggunakan kegiatan bermain sebagai pendekatan utama, khususnya dalam bentuk sentra (pusat kegiatan) untuk melatih perkembangan anak usia dini. Pendekatan ini berpusat pada anak dan menekankan peran guru sebagai fasilitator, kordinator, dan evaluator.
Selain kegiatan Sentra sebagai kegiatan inti, TK Islam Pembangunan juga memiliki berbagai kegiatan rutin maupun incidental yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna, meningkatkan kreatifitas, dan membangun karakter anak. Kegiatan - kegiatan tersebut seperti berenang, HUT RI, manasik haji, Porseni, home visit, market day, proyek profil pelajar Pancasila, Pentas Seni, Pelepasan, Ramadhan Ceria, Parade tahfizh serta Prasiaga.
Struktur kurikulum Taman Kanak-kanak Madrasah Pembangunan memuat Lingkup Pengembangan, Muatan Lokal dan Pengembangan Diri, dengan rincian sebagai berikut:
No | Tema Besar | Semester | Bulan | Tema | Puncak tema |
---|---|---|---|---|---|
1. | I LOVE TANGERANG SELATAN | Semester I | Juli | Diri ku |
MPLS Penyambutan tahun ajaran baru 2024/2025 |
2. | Agustus | Nagara Ku | HUT RI | ||
3. | September | Tubuhku Sehat Karunia Allah |
~ Makan Bersama (4 sehat 5 sempurna) ~ Pemeriksaan kesehatan |
||
4. | Oktober | Tanaman Ciptaan Allah | Menanam | ||
5. | November | Keluarga ku Karunia Allah | Home visit “Keluarga Ku” | ||
6. | Desember | P5 Aku Cinta Indonesia | I Love Tangsel | ||
7. | Semester II | Januari | Serangga Ciptaan Allah | Home project “membawa serangga” | |
8. | Februari | Rekreasi karunia Allah | Outing class | ||
9. | Maret | Puasa menjadikanku orang penyabar | Ramadhan Ceria | ||
10. | April | Pakaian Karunia Allah | Busana Daerah | ||
11. | Mei | Kendaraan Tradisional Karunia Allah | Home project membuat kendaraan | ||
12. | Juni | Air, Udara, Api Karunia Allah | Pemadam kebakaran |
Bulan | Tujuan Pembelajaran | Tema | Sub Tema | Sub-Sub Tema | Alokasi waktu |
---|---|---|---|---|---|
Juli |
Jati Diri
(TP1, TP2, TP1, TP2)
Agama
(TP1, TP3, TP1, TP1)
Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa dan Seni
(TP1, TP1, TP2, TP1, TP1, TP1, TP1) |
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah |
1. Bagian-bagian dari sekolah
2. Perkenalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
- Gedung sekolah
- Ruang kelas/aturan di dalam kelas, prokes (memakai masker, menjaga jarak)
- Tempat bermain
- Halaman upacara dan Tempat Cocok Tanam
- Kolam Renang
- Perkenalan Kepala Sekolah
- Perkenalan Guru
- Perkenalan Tata Usaha
- Perkenalan Keamanan Sekolah (Satpam)
- Perkenalan Tim Driver dan CS
|
3 minggu |
Agustus |
Jati Diri (TP1, TP2, TP1, TP3) Agama (TP1, TP3, TP1, TP1) Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa dan Seni (TP1, TP1, TP2, TP1, TP1, TP1, TP1) |
Aku Cinta Indonesia |
1. Sejarah Singkat Indonesia
2. Mengenal
3. Bendera Indonesia
4. Pemerintahan Indonesia
5. Lambang Negara Indonesia
6. Budaya Indonesia
|
- Kemerdekaan
- Pahlawan Indonesia
- Pulau Jawa
- Pulau Sumatra
- Pulau Kalimantan
- Pulau Sulawesi
- Pulau Papua
- Presiden dan Wakil Presiden
- Burung Garuda, Pancasila
- Rumah adat, bahasa, rumah adat, pakaian adat, tari tradisional.
|
5 minggu |
September |
Jati Diri (TP1, TP2, TP1, TP3) Agama (TP1, TP3, TP1, TP1) Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa dan Seni (TP1, TP1, TP2, TP1, TP1, TP1, TP1) |
Tubuhku Sehat Karunia Allah |
1. Bagian-bagian tubuhku
2. Panca indera
3. Cara menjaga kesehatan
4. Makanan 4 sehat 5 sempurna
|
- Kepala, Badan, Tangan, Kaki
- Mata, Hidung, Lidah, Kulit, Telinga
- Cara menjaga Kesehatan: mandi, olahraga, pergi ke dokter
- Makanan dan minuman sehat
|
4 minggu |
Oktober |
Jati Diri (TP1, TP2, TP1, TP3) Agama (TP1, TP3, TP1, TP1) Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa dan Seni (TP1, TP1, TP2, TP1, TP1, TP1, TP1) |
Tanaman Ciptaan Allah |
1. Macam-macam tanaman
2. Bagian dari tanaman
3. Manfaat tanaman
4. Jenis tanaman sayur
5. Budidaya tanaman sayur
|
- Manfaat tanaman bagi lingkungan dan manusia
- Cara menanam, pemeliharan
- Pendistribusian tanaman sayur
|
4 minggu |
November |
Jati Diri (TP1, TP2, TP1, TP3) Agama (TP1, TP3, TP1, TP1) Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa dan Seni (TP1, TP1, TP2, TP1, TP1, TP1, TP1) |
Keluargaku Karunia Allah |
1. Keluarga
2. Keluarga besar
3. Keluarga inti
4. fungsi peran anggota keluarga
5. mengenal anggota keluargaku
|
- Pengertian Keluarga
- anggota keluarga besar
- Anggota keluarga inti
- peran ayah, ibu, kakak, adik di rumah
- menyebutkan anggota keluarga yang ada dirumah masing-masing
|
5 minggu |
Desember |
Jati Diri (TP1, TP2, TP1, TP3) Agama (TP1, TP3, TP1, TP1) Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa dan Seni (TP1, TP1, TP2, TP1, TP1, TP1, TP1) |
P5 |
I Love Tangerang Selatan
|
- Penjelasan tentang kota Tangerang Selatan
- icon kota Tangerang Selatan
- membatik
- budi daya anggrek
- profesi di Tangerang Selatan (pemadam kebakaran)
- mengenalkan kantor walikota Tangerang Selatan
|
2 minggu |
Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar Per-hari:
Kelompok | A |
---|---|
Pertemuan Pagi | 07.30 - 08.00 |
Habitual Curriculum (HC) | 08.00 - 09.00 |
Kegiatan Inti dan Komputer | 09.00 - 10.00 |
Istirahat | 10.00 - 10.30 |
Makan Siang | 10.30 - 11.00 |
Pertemuan Siang | 11.00 - 12.00 |
Kelompok | B |
---|---|
Pertemuan Pagi | 07.30 - 08.00 |
Habitual Curriculum (HC) | 08.00 - 09.00 |
Kegiatan Inti dan Komputer | 09.00 - 10.00 |
Istirahat | 10.00 - 10.30 |
Makan Siang | 10.30 - 11.00 |
Pertemuan Siang | 11.00 - 12.00 |
◾ | Pertemuan pagi : Upacara dan Ikrar; |
◾ | Habitual Curriculum : Pembiasaan beribadah, membaca dan menghafal Juz 30; Serta doa-doa harian sesuai target. (terlampir); |
◾ | Istirahat: Aktivitas rileks sambil bercocok tanam, menikmati indahnya alam diiringi dengan lantunan ayat suci alquran Juz 30, lagu doa-doa harian atau kisah teladan; |
◾ | Makan siang: Praktik makan yang merupakan rizki dari Allah SWT |
◾ | Pertemuan Siang: Muatan lokal dan pengembangan ekspresi dan potensi diri; Pembentukan karakter disesuaikan dengan kondisi dan situasi, terintegrasi dalam setiap kegiatan; |
◾ | Muatan lokal: Belajar Iqra dan Tahfidz Alquran Juz 30, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab; Pengembangan Ekspresi dan Potensi diri: Robotik, Futsal, Menari, Mewarnai. |
Pembelajaran yang dilakukan pada ekstrakurikuler ini antara lain kihon dimana latihan ini meliputi latihan pukulan, tendangan, dan blokade dasar.
Lorem ipsum, dolor sit amet consectetur adipisicing elit.